Ukraina Balas Dendam! Rusia Dipukul Mundur dari Kota Ini

Tentara Ukraina menembaki posisi Rusia di wilayah Kherson, Ukraina, 9 Januari 2023. (AP/LIBKOS)

Dinamika perang Rusia-Ukraina terus berubah. Meski makin terdesak oleh pasukan Moskow di wilayah Bakhmut, tentara Kyiv berhasil terus memukul mundur militer Rusia di wilayah Kherson.
Mengutip Al Jazeera, Kamis (27/4/2023), rekaman geolokasi yang diterbitkan oleh seorang reporter militer Rusia pada 22 April menunjukkan bahwa pasukan Ukraina telah menetapkan posisi di utara Oleshky, 7 km dari pusat kota Kherson. Ini merupakan lanjutan dari mundurnya pasukan Kremlin dari kota pekan lalu.

“Musuh memang melakukan serangan di tepi kiri menggunakan perahu kecil yang disediakan sebagai bagian dari bantuan militer Amerika Serikat (AS),” tulis seorang reporter militer Rusia yang mengunggah sebagai Rybar.

Reporter Rusia lainnya menulis pada 20 April bahwa pasukan Ukraina telah memperkuat posisi mereka di tepian Sungai Dnipro tempat pasukan Moskow berlindung.

“Berkat kebodohan kami, musuh di sana telah membuat pasokan yang stabil untuk diri mereka sendiri, mengumpulkan kekuatan, mengevakuasi yang terluka, membawa perbekalan dan amunisi,” tulis reporter itu di Telegram.

Institute for the Study of War (ISW) yang berpusat di Washington menyebut pengelompokan Rusia di Kherson kemungkinan besar adalah yang paling tidak terorganisir. Diketahui, Ukraina terus melaporkan kemajuan sementara Rusia mengalami kekurangan personil.

Serangan Ukraina sendiri tak lepas dari bantuan senjata yang terus dikirimkan negara Barat pimpinan AS. AS telah mengumumkan penarikan senjata senilai US$ 325 juta (Rp 4,7 triliun), termasuk roket HIMARS, artileri 155mm dan 105mm, dan amunisi pertahanan udara.

Republik Ceko mengatakan akan memodernisasi 90 tank T-72 untuk Ukraina, selain 38 tank yang telah dikirim. Denmark dan Belanda menjanjikan 14 tank Leopard 2, sehingga jumlah total tank Barat yang dijanjikan sekutunya kepada Ukraina sejak Januari menjadi 266.

“Hanya dalam beberapa bulan, Contact Group (aliansi Barat pendukung Ukraina) telah mengirimkan lebih dari 230 tank, lebih dari 1.550 kendaraan lapis baja dan peralatan serta amunisi lainnya untuk mendukung lebih dari sembilan brigade lapis baja baru,” kata Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin.

Dengan bantuan dan kemajuan ini, Kepala intelijen militer Ukraina Kyryl Budanov mengatakan kemungkinan untuk mencapai perbatasan Ukraina tahun 1991 tahun ini. Ucapan ini berarti Kyiv diperkirakan dapat merebut kembali kawasan industri Donbas serta Krimea, semenanjung yang direbut dan dianeksasi Rusia pada tahun 2014.

“Krimea adalah bagian dari wilayah Ukraina, situasinya tidak akan berakhir tanpa kembalinya Krimea,” katanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*