India Bisa Jadi Raja Beras, Ternyata Tiru Jurus Soeharto!

India Bisa Jadi Raja Beras, Ternyata Tiru Jurus Soeharto!

Farmers work in a paddy field on the outskirts of Guwahati, India, Tuesday, June 6, 2023. Experts are warning that rice production across South and Southeast Asia is likely to suffer with the world heading into an El Nino. (AP Photo/Anupam Nath)

Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan mengungkapkan strategi yang digunakan India sampai bisa menjadi raja beras dunia. Ia mengatakan, strategi itu seperti yang pernah diterapkan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto di Indonesia.

Pria yang akrab disapa Zulhas ini mengatakan, strategi itu ia ketahui setelah mendampingi Presiden Joko Widodo di KTT G20 ke-18 pada 9 September-10 September 2023 di India. Ia mendapati India masih bisa surplus beras 7 ton padahal jumlah penduduknya 1,4 miliar.

Salah satu strategi India, https://hellokas.store/ menurut Zulhas ialah memanfaatkan koperasi dalam seluruh lini proses bisnis di sektor pertanian. Mulai dari produksi pupuk pun dilakukan oleh koperasi dengan basis data pembuatannya menggunakan penelitian pemerintahnya.

“Semua pakai koperasi, enggak konglomerasi, seluruh pertanian koperasi. Pupuk dia gak pakai pabrik pupuk kaya kita, tapi pupuk dibuat oleh koperasi-koperasi, tapi penelitian oleh pemerintah,” ucap Zulhas dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, beberapa waktu yang lalu.

“Pupuk pakai pil segini bisa untuk 2 hektare dikasih air, diproduksi koperasi-koperasi,” tegasnya.

Kebijakan yang berfokus pada koperasi itu kata dia dilakukan seperti zaman Soeharto. Selain itu, fokus kebijakannya juga habis-habisan untuk mengamankan stok pangan bagi rakyatnya, sehingga subsidi digelontorkan pada sektor itu tanpa harus tansaksional dan kebijakan yang berbelit.

“Dan itu semua dikerjakan koperasi, enggak konglomerasi. Seperti zamannya Orde Baru Pak Harto dulu. Pupuk koperasi, pabrik beras koperasi, agen beras ya koperasi, semua diatur begitu. Jadi, lingkaran masyarakat kepada masyarakat,” tutur Zulhas.

Bukan hanya India, negara ASEAN lainnya seperti Vietnam juga menjadi negara yang surplus dalam pertanian, khususnya beras. Salah satu kunci kesuksesannya ialah keseriusan pemerintah dalam mengembangkan pertanian.

“Di Vietnam tanah pertanian lebih tinggi dari Taman Nasional. Jadi pertanian gak boleh jadi perumahan, pabrik, kalau sudah sawah gak boleh diubah-ubah selamanya. Kita ada undang-undang tapi ya masih gitu aja. Kalau kita serius bisa,” ucap Zulhas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*