Harga Pengalihan GEAR ke Perusahaan Singapura Naik, Kenapa?

Dok DSSA

Emiten tambang batu bara dan pembangkit listrik PT Dian Swastatika Sentosa Tbk. (DSSA) perbaharui kesepakatan rencana transaksi saham entitas anak PT Golden Mines Energy Tbk. (GEAR) dengan Duchess Avenue Pte. Ltd. Ada beberapa hal yang disepakati dalam pembaharuan kesepakatan rencana restrukturisasi.

Antara lain, harga saham GEAR yang akan dijadikan referensi transaksi dinaikkan menjadi SGD 0.569/saham atau Rp 6.500/saham (referensi 17 Maret 2023, 1 SGD = Rp 11.432,09). Kemudian, harga saham GEAR yang akan dijadikan referensi pengalihan kepada Duchess dinaikkan menjadi sebesar SGD 0.181/saham (tidak termasuk harga saham GEMS).

“Target penyelesaian transaksi dan pengakhiran kesepakatan pelaksanaan adalah 9 Agustus 2023 atau tanggal lain yang disepakati para pihak,” terang Corporate Secretary DSSA Susan Chandra dalam keterbukaan informasi, dikutip Senin (20/3/2023).

Ia menyampaikan bahwa informasi terkait rencana transaksi tersebut akan disampaikan dalam keterbukaan informasi selanjutnya.

“Rencana restrukturisasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan entitas anak sehingga Perseroan dapat fokus dalam melakukan pengembangan usaha di Indonesia,” tambah Susan.

Saat ini DSSA menggenggam 77,49% saham GEAR. Sementara GEAR memegang 62,5% saham GEMS dan entitas usaha anaknya.

Usai transaksi ini, DSSA akan menggenggam 48,43% saham GEMS dan entitas anaknya. Sedangkan Duchess akan menguasai 77,49% saham GEAR dan entitas anak usahanya.

Sebelumnya, emiten Grup Sinar Mas itu berencana mengalihkan saham GEAR sebanyak 2.044.145.469 saham atau senilai US$235,39 juta kepada perusahaan Singapura Duchess Avenue Pte. Ltd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*