Duh! Asing Bawa Kabur Dana Rp 583 M dari Bursa RI

Ilustrasi Bursa (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Investor asing di pasar modal RI tercatat kembali menarik dana dari bursa domestik. Tercatat aksi jual bersih (net sell) asing pada perdagangan perdana pekan ini, Senin (23/3/2023), mencapai Rp 583,36 miliar.

Mengutip data RTI, asing tercatat melepas saham RI di semua pasar. Net sell di pasar reguler tercatat senilai Rp 427 miliar dan di pasar negosiasi dan tunai senilai Rp 156,32 miliar.

Keluarnya asing dari bursa memperpanjang tren kaburnya dana asing di bursa RI, khususnya yang terjadi di pasar reguler. Dalam sepekan asing tercatat melepas saham RI senilai Rp 1,75 triliun, sementara itu dalam sebulan jual bersih asing mencapai Rp 2,69 triliun. Lebih panjang lagi, sejak awal tahun, asing tercatat melepas Rp 2,89 triliun saham RI di pasar reguler, meskipun di seluruh pasar asing tercatat masih melakukan aksi beli bersih (net buy).

Tiga saham yang paling dijual asing ahri ini adalah Bank Rakyat Indonesia (BBRI) dengan aksi jual senilai Rp 104 miliar. Lalu diikuti oleh emiten yang baru masuk indeks FTSE Indonesia large cap GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) yang dilepas asing Rp 96,7 miliar dan emiten teknologi Telkom Indonesia (TLKM) dengan jual bersih asing Rp 64,3 miliar.

Sementara itu tiga saham yang paling banyak dikoleksi asing masing-masing adalah Bank Central Asia (BBCA), HM Sampoerna (HMS) dan Indah Kiat Pulp & Paper (INKP) senilai Rp 34,7 miliar, Rp 18,9 miliar dan Rp 13,2 miliar.

Hari ini IHSG kembali ditutup merah atau melemah 0,98% dengan emiten raksasa sektor batu bara tercatat mengalami koreksi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*