Buruan! Tersisa 23.872 Tiket Kereta Lebaran yang Didiskon 20%

Pekerja beraktivitas melakukan perawatan rutin pada lokomotif di Depo Kereta Cipinang, Jakarta, Kamis (29/4). Terkait aturan larangan mudik yang ditetapkan pemerintah, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan memaksimalkan pengoperasian lokomotif untuk membawa gerbong angkutan logistik dan barang, terutama jika nantinya pemerintah melarang/membatasi pengoperasian kereta penumpang. Saat ini KAI sedang menunggu aturan rinci dan arahan dari Kementerian Perhubungan. Seperti diketahui pada ramadan hingga Lebaran nanti, jumlah penumpang KAI diperkirakan anjlok lantaran pemerintah melarang kegiatan mudik. Hingga saat ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI masih menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah terkait pengaturan transportasi Mudik Hari Raya Idul Fitri pada Mei 2021. Terkait larangan mudik Lebaran 2021 oleh pemerintah, KAI pun menyatakan belum ada pembatalan tiket untuk mudik karena penjualan KA jarak jauh baru dibuka sampai 30 April 2021.
Sejauh ini, penjualan tiket kereta pun masih normal, atau belum ada peningkatan yang signifikan. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar Diskon Mudik 2023 dengan memberikan potongan harga tiket kereta api hingga 20% untuk keberangkatan kereta api periode tanggal 14-17 April 2023. Total sebanyak 31.300 tiket diskon KAI sediakan untuk Kereta Api Jarak Jauh kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Masyarakat dapat membeli tiket diskon tersebut pada tanggal 9-13 April 2023 dimana pada masing-masing hari tersebut dibuka sebanyak 6.260 tiket diskon. Pembelian tiket diskon ini dapat dilakukan di aplikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh chanel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.

Sampai dengan hari ini, tiket kereta yang didiskon hingga 20% dengan status terjual mencapai 7.428 tiket dengan rincian 3.862 tiket untuk kelas Eksekutif, 239 tiket untuk kelas Bisnis, dan 3.327 tiket untuk kelas Ekonomi. Masih tersisa sekitar 23.872 yang bisa diburu oleh pemudik.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, program Diskon Mudik 2023 diselenggarakan dalam rangka memberikan alternatif tanggal keberangkatan kepada pelanggan untuk pulang ke kampung halaman. Sehingga perjalanan tidak terkonsentrasi pada tanggal-tanggal yang berdekatan dengan Hari-H Lebaran.

“Pemberian diskon tiket ini juga sejalan dengan program Kementerian Perhubungan yang mengimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal. Guna mengurai kepadatan arus mudik yang terjadi menjelang Hari-H Lebaran,” kata Joni dalam keterangannya beberapa waktu lalu seperti ditulis, Senin (10/4/2023).

Sejumlah perjalanan kereta api yang mendapatkan Diskon Mudik 2023 di antaranya KA Argo Bromo Anggrek (Gambir – Surabaya Pasarturi pp), KA Argo Lawu (Gambir – Solo Balapan pp), KA Pasundan (Kiaracondong – Surabaya Gubeng pp), KA Bogowonto (Pasarsenen – Lempuyangan pp), dan lainnya.

“KAI berharap masyarakat dapat memanfaatkan tiket murah tersebut untuk mudik dengan kereta api. KAI berkomitmen untuk menyelenggarakan angkutan Lebaran 2023 dengan aman dan berkesan,” tutup Joni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*