7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anak Pendek, Perhatikan Ayah-Bunda

Ilustrasi anak mengidap diabetes. (Dok. Pexel)

Salah satu faktor yang menentukan tinggi badan anak adalah genetik. Namun, selain itu, ternyata ada beberapa kebiasaan yang memengaruhi pertambahan tinggi pada anak.

Berikut kebiasaan yang berpotensi membuat tubuh anak pendek:

1. Sering tidur larut malam

Dikutip dari Baby Center, hormon protein yang https://cicakrowoh.shop/ diproduksi oleh kelenjar hipofisis (disebut juga hormon pertumbuhan atau growth hormone) memainkan peran penting dalam pertumbuhan tinggi badan anak.

Beberapa faktor memengaruhi produksinya, termasuk nutrisi, stres, dan olahraga. Namun pada anak-anak, faktor terpenting adalah tidur.

Periode produksi dan pelepasan hormon pertumbuhan paling intens adalah terjadi setelah awal tidur nyenyak.

2. Keseringan konsumsi junk food dan makanan instan

Meski biasanya jadi favorit kebanyakan anak, junk food dan makanan instan minim nutrisi sehingga tidak optimal dalam mendukung pertumbuhan maksimal si kecil. Keseringan konsumsi junk food juga berisiko dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti obesitas dan diabetes.

Jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang, junk food dan makanan instan dengan kandungan pengawet berisiko memengaruhi pertumbuhan tulang dan mengembangkan massa otot yang tidak sehat.Apalagi kebiasaan yang bisa bikin badan anak pendek? Selengkapnya di >>> sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*