10 ‘Obat’ Alami yang Bisa Bikin Asam Urat Sembuh

Jahe (Photo by Joris Neyt from Pexels)

Memiliki penyakit asam urat sangatlah menyiksa. Saat kambuh, serangan asam urat bisa membuat sendi yang terkena menjadi bengkak, lunak, memerah, serta terasa panas.

Gout atau asam urat adalah sejenis artritis, suatu kondisi peradangan pada persendian. Orang dengan asam urat biasanya mengalami serangan nyeri, pembengkakan sendi yang tiba-tiba parah.

Kendati demikian, penyakit asam urat bisa dikendalikan dengan obat-obatan. Obat penyakit asam urat membantu mengatasi penyakit tersebut dalam dua cara, yaitu mengurangi rasa sakit selama serangan, dan mengurangi penumpukan asam urat yang menyebabkan kondisi tersebut.

Lantas apa sajakah itu, berikut beberapa obat asam urat yang dirangkum CNBC Indonesia.

Jahe

Jahe dapat membantu mengobati asam urat. Konsumsi jahe dengan air mendidih dan sediakan 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Nikmati 3 gelas per hari.

Jahe juga dapat ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit. Kompres atau tempel jahe dengan air hangat dan rendam waslap. Saat dingin, oleskan waslap ke bagian tubuh yang mengalami rasa sakit. Tempelkan setidaknya sekali sehari selama 15 hingga 30 menit. Jika terjadi iritasi kulit lakukan tes terlebih dahulu.

Teh Jelatang

Tumbuhan jelatang merupakan obat alami untuk asam urat yang dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit. Tumbuhan ini dapat menyebabkan gatal jika tersentuh kulit dan ditemukan di sebuah kecamatan di kabupaten Bengkulu Selatan.

Untuk mencoba teh ini, buat secangkir dengan air mendidih. Rebus 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering per cangkir air. Minumlah hingga 3 gelas per hari.

Garam Epsom

Beberapa orang merekomendasikan mandi garam Eepsom untuk mengatasi asam urat. Untuk mencoba garam Epsom, campur 1 hingga 2 cangkir dalam bak mandi. Rendam seluruh tubuh atau hanya sendi tertentu.

Brotowali

Melansir ulasan studi dari Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry pada 2017, ekstrak jus batang brotowali dapat menjadi obat herbal alami untuk asam urat. Pasalnya, brotowali diyakini dapat membantu menetralkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Biji Seledri

Biji seledri diketahui dapat membantu menghilangkan nyeri sendi dan bengkak akibat asam urat dan rematik dengan mengandung minyak apiol, berperan sebagai diuretik untuk memperlancar pengeluaran asam urat dan racun.

Cuka Apel, Jus Lemon, dan Kunyit

Air hangat dengan cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit sering direkomendasikan untuk mengatasi asam urat. Campurkan jus lemon dengan 2 sendok teh kunyit, dan 1 sendok teh cuka sari apel. Minum dua hingga tiga kali sehari.

Ceri

Buah ceri asam, manis, merah, hitam, dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah – adalah obat asam urat alami yang sangat populer dan berpotensi berhasil.

Kopi

Beberapa penelitian menemukan efek positif kopi terhadap gejala asam urat. Kopi mengandung asam klorogenat yang dapat meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin. Selain itu, kopi juga diduga dapat menghambat kerja enzim yang menghasilkan asam urat. Namun, tidak semua orang bisa mengonsumsi kopi.

Apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi dan aritmia, sebaiknya kurangi minum kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*